21 Januari 2021 9:24 am

Pintu Baja sebagai Alternatif Pengganti Pintu Kayu


Bahan baku kayu sering digunakan dalam membuat furnitur berupa pintu di Indonesia, baik untuk kebutuhan pintu di rumah, sekolah, gedung kantor maupun bangunan-bangunan lainnya. Selain karena bahan kayu yang mudah ditemukan di Indonesia juga karena penggunaan pintu kayu memberikan nilai estetika yang alami pada bangunan, sehingga cukup banyak orang yang menyukai pintu kayu. Akan tetapi pintu kayu juga memiliki kelemahan-kelemahan yang membuat bahan kayu menjadi pilihan yang kurang tepat bila digunakan menjadi bahan dasar untuk membuat pintu, dan pintu baja hadir sebagai alternatif pengganti.

Kelemahan yang ada pada pintu berbahan kayu diantaranya adalah, mudah dimakan rayap, tidak tahan api, sensitif dengan kelembapan sehingga tidak cocok digunakan sebagai pintu kamar mandi, serta biaya yang mahal untuk proses pemasangan dan perawatannya. Maka, pilihan yang lebih baik digunakan dalam memilin bahan dasar pintu adalah bahan dasar baja. Pintu baja menawarkan berbagai keunggulan dan kemudahan yang lebih baik dibandingkan dengan pintu berbahan dasar kayu

Keunggulan yang ditawarkan pintu baja diantaranya adalah tahan api sehingga tidak mudah terbakar, karena bahan yang terbuat dari baja sehingga tidak mudah dimakan rayap, pintu baja tidak mudah susut dan tidak mudah lengkung, selain itu pintu baja juga tidak sensitif terhadap kelembapan sehingga cocok juga apabila digunakan sebagai pintu kamar mandi yang tidak langsung bersentuhan dengan air.

Pintu baja juga lebih kokoh dan lebih aman, karena bahan baku baja adalah material yang paling kokoh dan bertahan lama. Biaya yang dibutuhkan dalam pemasangan dan perawatannya pun jauh lebih murah dibandingkan pintu konvensional. Dan satu hal lagi yang menjadi poin penting adalah, pintu baja memiliki sifat ramah lingkungan, karena di dalam pembuatannya tidak harus menebang pohon, oleh karena itu dengan memilih pintu baja, anda juga lebih bisa melestarikan lingkungan.

Lalu bagaimana dengan aspek keindahannya? tentu saja, aspek keindahan juga dipertimbangkan dalam berbagai produk pintu baja. Sekarang pintu baja sudah dilengkapai dengan kusen berachitrave dan sudah digunakan berbagai motif seperti motif kayu untuk meningkatkan nilai estetikanya. Dengan mempertimbangkan kelebihan serta kemudahan yang ditawarkan tersebut sudah pasti, memilih pintu baja sebagai pilihan furniture di rumah atau bangunan kantor adalah alternatif yang lebih baik.


Blog Post Lainnya
Social Media
@2024 pintubajamotifkayu.com Inc.